Berita

Pelaksanaan Aplikasi Sistem OSS Untuk Mendapatkan NIB dan Izin Lingkungan

Sabtu, 22 September 2018, Bertempat di Hotel Neo Mangga Dua Square - Jakarta Utara. Dewan Pengurus Nasional (DPN) Pertalindo mengadakan pelatihan Aplikasi OSS untuk Mendapatkan NIB dan Izin Lingkungan. Pelatihan ini dihadiri oleh Wakil Ketua Umum DPN Pertalindo dan pelatih yang berasal dari PT Nalika Utama yang bergerak dibidang konsultan lingkungan.

Semenjak terbitnya Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik (OSS) banyak para pelaku usaha yang mengalami kesulitan dalam melakukan perizinan secara elektronik (OSS). Pertalindo selaku Asosiasi Tenaga Ahli Lingkungan Hidup berfungsi untuk mengembangkan kompetensi anggotanya sehingga dapat berkompetensi dan bersaing dalam perkembangan regulasi di Republik Indonesia ini. Selain itu pelaksanaan pelatihan ini mengundang para client dari anggota Pertalindo untuk praktik langsung proses sistem OSS.

Dalam pelaksanaan praktik perizinan secara OSS banyak peserta yang mengalami kendala seperti NPWP perusahaan yang invalid, dan pelaku usaha yang tidak melakukan pelaporan SPT secara berkala. Apabila hal ini terjadi maka hal yang harus dilakukan adalah berkoordinasi dengan petugas Account Representative (AR) di masing-masing Kantor Pelayanan pajak (KPP) untuk menyelesaikan permasalahan pajak dan kembali melakukan proses perekaman data perizinan yang dibutuhkan. Selain itu proses pengoperasian menu pada sistem OSS dapat dimengerti oleh peserta pelatihan.